Sunday, January 22, 2012

Welcoming Year of The Dragon : Layer Cake Edition

Berawal gara2 sakit hati di tipu..jadi niat bulet2 pengen bikin kue lapis legit.
Ceritanya last year pesan lapis legit seharga lebih dari Rp 500rb per buahnya di tukang kue lapis legit langganan, yang suka saya pesan untuk kebutuhan giveaway kantor dan terkadang pribadi juga.
Biasanya cukup TOP bgt deh, ..secara taste saya rewel banget..Eh, gak tau karena saya pesannya mendadak, H-2 imlek atau apa, ternyata lapis legit yang datang jauh dari harapan saya.

Kesalnya, kue tersebut saya belikan untuk ibu saya, yang ternyata rasanya jauh dari legit, tidak wangi wijsman, dan kaku banget kuenya...indikator lapis legit grade mid low.
Saya komplain, dan si tante penjual lapis legit nyaris tidak banyak membela diri, malah menolak saat saya menawarkan untuk datang ke tempatnya membawa kue tersebut untuk clarify...malah mengembalikan uang saya..yang menyebabkan saya jadi yakin jika saya telah di bohongi...bahwa kue tersebut bukan bikinan si tante, tapi di sub ke tempat lain, karena waktunya sudah mepet.
Sejak itu, Bah ! Gak mau saya beli yg namanya lapis legit. Bukan soal uangnya. Tapi saya paling gak suka di bohongin dan pengingkaran komitmen. Kalau memang tidak bisa seharusnya bilang saya dari awal, toh saya tidak apa2.

Nah, for this Chinese New Year, saya sudah membulatkan tekad untuk bikin lapis legit..
Resepnya saya dapat dari hasil browsing di bissousatoi.com yang blog ownernya sepertinya memang lapis legit freak.
Hmmm...Berhub kalo bikin & mengerjakan apa2 saya paling nggak suka setengah2...so, finest ingredients of course !
Lais legitnya di buat dari full telur ayam kampung, yang menghabiskan 100-an telur, nyaris sepeti..hehe...Mentega, so pasti wijsman..all the best lah, pokoknya.



Mulai kerja jam 8 pagi. Arrghh...ternyata kojor ya, bow, nimbangin & misahin kuning telur dari 100 lebih telur...jereng & pegeel.
Bikinnya 90% dari resep, karena resepnya pake loyang 22. Saya mau panggang 2 loyang. Ovennya nggak muat kalo loyangnya 22. Jadi pake yg 20.
Semua di kocok sekaligus, butter hampir 1,5 kg, merah telur 100 lebih..pakenya handmixer Philips doang..Juara juga tuh mixer..karena powernya OK, daan... adonannya rata lho...terus, karena baskom kocok kue yg biasa gak muat...saya pake baskom semi ember..hehe..
Mulanya jiper juga ternyata liat adonan sato baskom besaaar penuhh. Kepikir, kapan kelarnya..secara belum pernah bikin lapis legit.
Mulai panggang jam 10.30, kelar 2 loyang yg prunes & cheese jam 13.30. Masih menunggu 1/3 baskom adonan...

Tadinya pengen saya bikin lapis legit chocolate..tapi inget di kulkas masih ada orange peel, glace cherries, jadinya di bikin mascovis aja... Seperti halnya lapis prunes yg brushed with rum, ini juga tiap layernya saya brushed dengan Cointreau.. Hmmm...smells really good !

Jam 4.30 sore, kelar beresss semuanya ! Voila ! Ini dia hasilnya
Ternyata bikin lapis legit tidak sesulit yang di katakan orang2...Yeay !
Resepnya akan saya posting terpisah yaaa...








No comments:

Post a Comment