Sunday, January 29, 2012

Tips Membuat Lapis Legit

Sepanjang minggu kemarin sampai sekarang pun saya keranjingan banget bikin lapis legit..hehehh..
Setelah beberapa kali membuat lapis legit, saya menemukan dan mempraktekkan beberapa hal, agar lapis legit betul-betul legit dan berwarna coklat keemasan yang cantik..

1. Lapis legit menggunakan banyak butter, dan butter memiliki titik leleh serta konsistensi yang lebih lembek daripada margarin..jika suhu udara agak panas pun, butter dapat lembek meleleh. Untuk menghindari butter meleh, letakkan dulu dalam kulkas butter yang telah di potong2 kecil, dan jangan mengocok butter terlalu lama, cukup hingga lembut dan tercampur rata.

2. Selalu timbang merah telur ya, jangan berpatukan pada jumlah butir, karena ukuran telur dapat berbeda, dan ini sangat mempengaruhi hasil cake. Setidaknya gunakan telur berukuran M, yang berat merah telurnya antara 16-17 gram per merah telur.

3. Gunakan merah telur ayam kampung instead of telur negeri. Merah telur kampung memiliki berat lebih besar dari telur ayam negeri, juga lebih tidak amis, dan menurut saya, kue yang di hasilkan lebih lembut. rata-rata telur ayam negeri beratnya di bawah 15 gram, dan telur ayam kampung juga menyisakan putih telur yang lebih sedikit daripada telur ayam negeri.

4. Jangan meletakkan adonan lapis legit di depan oven atau tempat yang panas. Dapat menyebabkan adonan jadi encer karena butternya meleleh.

5. Gunakan api atas selama pemanggangan, dan letakkan loyang lapis legit tepat di tengah2 oven agar lapis legit warnanya cantik merata.

6. Permukaan lapis legit kerap bergelembung. Segera tusuk gelembung dengan tusuk sate agar gelembung kempes dan permukaannya tidak gosong.

7. Untuk lapis legit yang menggunakan buah2an, seperti lapis prunes atau mascovis, dapat di percikkan atau poles tiap permukaan kue dengan rhum, brandy, atau liqueur sebelum menuangkan lapisan berikutnya. Buah juga dapat di rendan dalam liqueur/brandy sebelumnya. Penambahan brandy/liqueur ini menambah cita rasa yang kaya dan mewah. Tapi skip jika ada concern masalah kehalal-an yaa..

8. Panggang lapis demi lapis dan tekan permukaannya dengan penekan lapis legit setiap kali akan menuangkan adonan baru agar di peroleh lapis legit yang padat dengan lapisan cantik dan permukaan merata

9. Setelah selesai memanggang semua lapisan, matikan api atas, panggang kembali lapis legit dengan api bawah selama 10-15 menit untuk memastikan seluruh lapisannya matang merata. Karena menggunakan api atas, seringkali bagian2 pinggir sisi loyang tidak/kurang matang...sehingga perlu di panggang kembali. Jangan terlalu lama agar lapis legitnya tidak jadi kering.

10. Be creative. Anda dapat bereksperimen dengan aneka rasa lapis legit di luar lapis legit konvensional dengan memberikan bahan tambahan sesuai selera, seperti misalnya penambahan kacang-kacangan, walnut, almond, pistachio, macadamia dan pecan dapat di pakai, selain kenari yang sudah sangat umum di gunakan.
Penambahan rasa, seperti pandan, yam (talas), coklat, atau mocca juga dapat di gunakan sebagai variasi rasa.
Pure/mashed buah-buahan juga dapat di gunakan untuk variasi rasa lapis legit dari lapis legit konvensional. Usahakan jenis buah yang di gunakan adalah yang sedikit kadar airnya, sehingga tidak akan banyak mengubah konsistensi adonan...seperti durian atau cempedak..jangan gunakan puree strawberry atau peach, misalnya.
Untuk rasa yang lebih kaya, tidak hanya flavour, bahkan aneka liqueur pun dapat di gunakan, seperti misalnya kahlua, cointreau, grand marnier, amaretto, baileys irish cream, kirsch, rum, creme de cassis, creme de cacao. Saya sudah mencoba dengan rum, cointreau, dan brandy.

Selamat Mencoba
Happy Layering !

No comments:

Post a Comment

Post a Comment