Tuesday, January 24, 2012

Lapis Legit Prunes

Nah..ini dia salah satu lapis legit yg yummyy...dengan tambahan prunes yg generous...
Resep dasar saya peroleh dari hasil blogwalking di www.bisousatoi.com, yang banyak membahas tentang aneka lapis legit..Resep yang saya pilih untuk di coba adalah Lapis legit 50 eggyolks...walopun akhirnya sih, lebih dari 50 eggyolks, meski saya hanya buat 90% dari resep...Mungkin karena takaran kuning telurnya by gram, bukan by butir..



Ingredients
(A)630g butter90g margarine
¾ tsp salt
350 gr gula halus
5
tbsp susu kental manis – Saya menggunakan Susu Bendera yg Gold Full Cream
½  tbsp Vanilla powder – Saya pakai L’arome vanilla susu
½ tsp vanilla extract – Saya pakai Durkee
(B)810 g egg yolks – Saya pakai telur ayam kampung..yang menghabiskan sekitar 110 buah telur. Tiap merah telur beratnya bervariasi, antara 14-18 gr. Average 16 gram.

(C)
1
50g flour25 gr susu bubuk

(D)
2 bungkus Pitted prunes

Method-
Mentega di potong2 kecil dan masukkan sebentar di kulkas, untuk mencegah menteganya terlalu lembek dan meleleh.
- Preheat oven 175C..
I used 20 cm square pan..hasilnya bisa dapat 3 loyang.
- Kocok  mentega
, gula, vanilla powder, vanilla extract, dan susu kental manis dengan kecepatan sedang-tinggi selama 7-8 menit.
- Tambahkan bahan B sedikit demi sedikit dan lanjutkan mengocok dengan kecepatan rendah hingga tercampur rata. Jangan mengocok terlalu lama ya.
- Masukkan bahan C sambil di ayak...Saya menggunakan mixer kecepatan rendah.
- Setelah itu, mulailah memanggang menggunakan api atas. Setiap lapisan saya menakar 3 sdm adonan, panggang hingga bagian atasnya berwarna coklat keemasan. Setiap 2 lapis, saya menambahkan prunes.
- Setelah selesai memanggang, matikan api atas, panggang kembali kue dengan api bawah selama 10-15 menit untuk memastikan seluruh bagian lapisannya matang sempurna. Tunggu hingga dingin, baru keluarkan dari loyang.
 

No comments:

Post a Comment