Monday, January 9, 2012

Cheese Ensaymada

Finally baru sempat post hasil kreasi dapur lagi. Resep soon will be post. Foto2nya dulu aja deh yaaa...
Sekarang lagi sibuk balancing waktu dan semuanya untuk berbagai aktivitas, salah satunya D'BCN @ deDUITan.com hehe...

Resep roti a la Filipina ini saya dapatkan dari Majalah Sedap edisi semi Jadul, tahun 2008. Resepnya menggunakan banyak kuning telur, seperti bluder, tetapi menurut saya, yang ini rasanya lebih lembut, karena melewati beberapa kali proses fermentasi, dan teknik pembuatan semi biang, yang mirip dengan pembuatan roti kuno.

Aslinya sih isinya cuma keju, tapi selain keju, saya coba isi juga dengan ham-keju (favorit saya) dan coklat kesukaan anak2. Hasilnya yummmyyy banget...bahkan hingga lusanya pun masih empuuukk..



Bahan I :
2 sdt (7 gram) ragi instan -- saya pakai Otentic Dolce 8gr dari berat tepung = 32gr
2sdt gula pasir
60 ml air

Bahan II :
80 gr kuning telur
60 gr gula pasir halus -- saya menghaluskan gula pasir dengan dry mill grinder
150 gr tepung terigu protein tinggi -- saya pakai Komachi
55 gr susu evaporated

Bahan III :
150 gr mentega tawar -- saya pakai Elle&Vire yang di mix dgn 1sdm Wijsman
60 gr gula pasir halus
1 butir telur
60 gr kuning telur
1 sdt gram
250 gr tepung terigu protein sedang -- saya pakai segitiga biru yg mix dengan Komachi 70 : 30
125 gr keju cheddar parut untuk isian
2 sdm susu evaporated untuk olesan
15 gr mentega untuk olesan
2 sdm gula pasir kasar untuk taburan

Kalau mau isian yg asin :
Smoked beed atau Bacon di potong memanjang
Kalau suka tambahkan daun bawang.

Cara Membuat :
1. Campur dan aduk rata semua Bahan I. Diamkan 20 menit hingga mengembang
2. Bahan II : Kocok kuning telur dan gula pasir halus sedikit sedikit hingga putih. Matikan mixer, ganti kakinya dengan yg spiral (untuk kneading)
3. Tambahkan tepung terigu  secara di ayak bergantian dengan susu evaporated dan bahan I hingga rata. Diamkan 30 menit.
4. Bahan III : Kocok mentega tawar dan gula pasir halus hingga lembut. Masukkan telur dan garam sedikit2 sambil di kocok rata. Masukkan terigu, aduk rata.
5. Masukkan Bahan II, uleni  dengan mixer spiral hingga kalis dan lembut. Diamkan 45 menit.
6. Kempiskan adonan dengan mixer spiral, uleni lagi hingga rata dan halus. Diamkan 30 menit.
7. Timbang masing-masing 50 gr. Bulatkan dan diamkan 10 menit. Isi dengan bahan isian keju parut. Untuk yg asin, isikan potongan smoked beef/bacon dan taburi irisan halus daun bawang dan keju.
8. Diamkan 90 menit sampai mengembang. Oles dengan susu evaporated.
9. Oven 15 menit dengan suhu 190 dercel hingga matang
10. Panas2 oles dengan mentega. Yg isinya keju langsung taburi gula pasir kasar.

Hasil : 18-19 buah.

No comments:

Post a Comment