Sunday, December 4, 2011

Klappertaart

Ini proyek last week. Kebetulan pengen banget makan klappertaat sampe puas setelah kemarinnya makan klappertaart di ranch market 15rb/cup.
Pake resep klappertaart wilton yang kondang itu dari NCC dan blog kuehruri, rasanya yummy bangeeet..dan pastinya puas. Bikin klappertaart ini sebenernya sih, gampang, tapi yang nyebelin itu adalah nyari kelapa muda yang pas..biasanya suka dapet yang ketuaan, jadinya keras..lebih parah lagi kalo dapet yang cengkir, ga ada dagingnya, yaa ga ada yang bisa di pake. Jaman dulu kalo bikin klappertaart ini beli kelapa mudanya dari tukang kelapa yg naik sepeda lewat depan rumah..nah, si tukang kelapa yg lewat ini kelapanya selalu bagus, tebal dan pas mudanya. Sekarang gak tau kemana itu si tukang kelapa yg naik sepeda..terpaksa beli di yg mangkal dekat rumah..
Pas beli kelapa muda di sini aku udah wanti2 kalo kelapanya buat kue, jadi gak boleh tua apalagi cengkir. Gak mau bayar aku kalo jelek..bener aja, dari 9 kelapa yang di buka, 3 buah cengkir...aku ga mau, hanya mau bayar yang 6 aja.
Aku bikin yang original dan cheese buat anak-anak. Ini nih, resep dan penampakannya...



Klappertaart,original & cheese

Bahan :
1 liter susu
250 gr gula - aku pakai 200 aja karena gak gitu suka manis
50 gr tepung custard
50 gr tepung maizena
50 gr tepung terigu
150 gr mentega
6 kuning telur - aku pakai 8
2 buah kelapa muda, kerok isinya - aku pakai 5
100 gr kenari panggang cincang - aku pakai campur walnut, krn kenari tinggal dikit
50 gr kismis - harusnya cuma buat topping, tapi aku campurin juga ke klappertaartnya. Kan, gulanya aku kurangi, dan kismis memberikan rasa manis alami pada cake
Rhum - aku pakenya banyaakk :)
Kayu manis bubuk

Topping :
6 butir putih telur
4 sdm gula pasir halus
2 sdm tepung terigu
Kismis yang sudah di rendam air hangat, tiriskan, rendam rhum.
Kayu manis bubuk
50 gr kenari panggang cincang

Cara Buat :
750 ml Susu panaskan bersama gula hingga larut.
250 ml susu campur dengan 3 jenis tepung hingga tepung larut dan tidak ada yang bergumpal
Campurkan adukan susu-tepung ke dalam rebusan susu. Aduk terus hingga kental meletup dengan api kecil. Hati2 bawahnya gosong ya.

Masukkan mentega, aduk rata
Masukkan kayu manis bubuk
Masukkan telur satu per satu, aduk rata
Masukkan kelapa muda, kismis dan kenari, aduk rata.

Sendokkan adonan ke dalam cup aluminium hinggan 3/4 penuh.
Panggang secara au bain marie selama 20 menit dengan suhu 160 dercel.

Siapkan topping. Kocok tutih telur sambil masukkan gula sedikit demi sedikt hingga kaku. Masukkan tepung terigu, aduk rata.

Keluarkan klappertaart dari oven. Semprotkan topping hingga tinggi. Taburi kayu manis bubuk, kenari dan kismis.
Panggang lagi sekitar 10 menit, dan terakhir panggang sebentar dengan api atas hingga kuning keemasan.

Hasil : 30 cup kecil aluminium foil persegi seperti pada gambar.

Untuk Klappertaart Keju :
Setengah bagian dari adonan di atas, campurkan dengan 150gr cream cheese. Exclude penambahan kayu manis, kismis, dan kenari.
Panggang = resep di atas, gak usah pakai topping. Setelah dingin taburi dengan keju cheddar parut.

Kalo mau rasa tiramisu :
Adonannya campurin Kahlua dan campuran 1 sdt kopi instan yg di larutkan dengan 1 sdm air panas. taburan kayu manis di ganti dengan coklat bubuk.

Kalo mau rasa buah (Strawberry, raspberry, blueberry ) :
Swirl sedikit selai rasa buah yang di inginkan ke dalam cup adonan. Skip topping. setelah dingin olesi atasnya dengan selai buah dan taburi buah strawberry/raspberry/blueberry segar/frozen.

No comments:

Post a Comment